Selasa, 12 Juni 2012

software masa depan

Hardware dan Software Masa Depan


Di masa lalu manusia memimpikan sebuah teknologi yang mampu mempermudah pekerjaan. Pada masa era industrial manusia menemukan teknologi pengganti tangan manusia yakni  teknologi mesin. Berbagai jenis mesin diciptakan, mulai mesin ayak hingga generasi mesin ketik yang pertama.Di era informasi ini manusia memakai komputer untuk mempermudah hampir semua pekerjaan, mulai kegiatan produksi, transaksi ,hingga kegiatan kecil di rumah manusia memakai alat yang memiliki kecerdasan, sehingga manusia tidak memerlukan energi ekstra untuk melakukan sebuah pekerjaan, semua dikerjakan secara automatis. Nah, teknologi apakah yang selanjutnya diimpikan manusia dan akhirnya menjadi  kenyataan seperti di era-era peradaban manusia di masa lalu?
Dalam merancang sebuah teknologi baru, kita harus keunggulan teknologi baru kita dibandingkan teknologi yang sebelumnya. Misalnya saja lemari es, dahulu lemari es terbuat dari logam, kurang praktis, boros energi, segala pengaturannya manual, dan tidak tahan lama(mudah berkarat), namun sekarang manusia telah menciptakan generasi lemari es yang lebih ringan yakni terbuat dari silicon dan plastik polimer, sehingga harganya lebih murah, lebih mudah dipindah-pindahkan, dan tidak boros energi( lebih irit listrik), pengaturannya serba automatis( dapat disetting untuk berganti-ganti suhu pada waktu tertentu),dan tahan lama karena bahannya anti karat dan tahan api.
Di masa depan kita mungkin sudah bermimpi memiliki hardware dan software yang sesuai seperti yang kita butuhkan untuk pekerjaan sehari-hari kita. Misalnya kita sebagai mahasiswa teknik dalam merancang suatu desain, kita harus menggambar sedemikian sehingga manufaktur mengerti bagaimana bentuk fisik desain yang kita inginkan. Di masa sekarang kita sudah mengenal software-software yang digunakan untuk menggambar teknik, namun software tersebut masih memiliki kelemahan, yakni kurang praktis bila kita ingin menunjukannya pada manufaktur kita ,masih harus mencetaknya terlebih dahulu dalam bentuk 2dimensi atau kita harus menunjukannya lewat laptop dsb. Namun di masa depan kita dapat menciptakan alat proyeksi hologram untuk menjelaskan desain kita pada manufaktur. Misalnya saja alat tersebut berbentuk sebuah pena(sebut saja d-pen10) yang praktis dibawa, terbuat dari bahan yang ramah lingkungan yang dapat di daur ulang bila sudah aus, ketika dibuka pena tersebut menampilkan desain yang kita buat dengan tampilan 3dimensi sehingga manufaktur dapat mengamati segala sisi desain, d-pen10 dapat menjeaskan secara automatis desain yang kita buat, menjelaskan berapa ukurannya dan detail bentuknya.
 rf-detector-pen_ilustrasi.jpg
ilustrasi bentuk d-pen
d-pen10 tidak hanya dapat menjelaskan desain yang belum jadi, tapi juga dapat mengidentifikasi bentuk sebenarnya, kita hanya perlu memotret bentuk sebenarnya dengan kamera kecil yang ada di ujung d-pen10 pada jarak yang ditentukan dia untuk siap memotret,  kemudian d-pen10 akan menjelaskan bagaimana bentuk fisik dan bahan dasar benda yang kita potret. Singkatnya d-pen10 dapat menjelaskan desain dalam bentuk nyata , dan sebaliknya dapat menjelaskan bentuk nyata dalam desain. d-pen10 dapat mengisi ulang energinya secara mandiri, bila dia diletakan di saku, dia akan memanfaatkan panas tubuh manusia untuk mengisi ulang energinya, atau pada waktu dia dipakai dalam terik matahari dia akan mandiri mengisi ulang enrginya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar